267. PERENCANAAN PEMUTAR DONGKRAK ULIR BERKAPASITAS 1 TON


2019

DICKY OKKTA SAPUTRA



 

Dalam kehidupan sehari hari kegunaan dongkrak sangat penting, terutama saat berkendara, khususnya pada mobil. Dongkrak adalah sebagai alat bantu untuk mengangkat beban kendaraan saat mengalami masalah baik di jalan maupun di bengkel atau rumah. Tetapi dalam menggunakannya, dongkrak masi sedikit sulit, terutama  bagi  wanita,  karna  membutuhkan  tenaga  yang  besar  untuk  memutar pemutar dongkrak, khususnya pada dongkrak ulir . oleh sebab itu dalam tugas akhir ini akan dilakukan modifikasi terhadap meputar dongkrak ulir tersebut.

 

Salah satu cara modifikasinya adalah dengan memberikan roda gigi atau gear box pada pemutar dongkrak, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan dongkrak dan memutar dongkrak tidak memerlukan tenaga yang tidak terlalu besar, sehingga bisa juga di gunakan oleh pengguna selain laki – laki.

 

Setelah dilakukan modifikasi, maka dilakukan pengujian dari hasil modifikasi tersebut, apakah sesuai dengan yang di inginkan oleh penulis. Dengan memberikan roda gigi pada pemutar dongkrak ulir, maka tenaga untuk memutar tidak terlalu besar,tetapi memang membutuhkan waktu yang lebih sedikit lama di bandingkan dengan sebelum dimodifikasi, yaitu pemutar dongkrak tanpa adanya roda


©2024 Repository Saburai. All rights reserved