266. ANALISIS SEDIMENTASI MENGGUNAKAN METODE USLE DAN METODE SEDIMEN TERUKUR PADA ALIRAN DAS DESA SINDANG PAGAR KECAMATAN SUMBER JAYA KABUPATEN LAMPUNG BARAT


2019

DIANA SELLA CITRA SUZANA



 

Sungai    merupakan    aliran   air   yang   besar   dan   memanjang    y a n g     d a p a t menampung  serta  mengalirkan  air  dan material bahan yang dibawanya dari bagian hulu. Erosi adalah salah satu masalah yang sering terjadi di bagian hulu sungai akibat adanya sedimetasi. Sedimentasi dapat menyebabkan beberapa masalah pada sungai dan dapat mengurangi umur check dam. Oleh karena itu, di perlukan beberapa metode seperti metode sedimen terukur dan metode USLE ( Universal Soil Loss Equation) untuk mengetahui laju sedimen yang terangkut (Qs) di sepanjang DAS Air Anak dan mengetahui total besaran besaran sedimen sehingga umur check dam dapat diketahui.

 

Data yang digunakan meliputi data  sedimen  berupa   suspended,  data   curah hujan, data kecepatan aliran air, dan data luas penampang sungai. Ada beberapa tahapan yang dilalui dalam proses penelitian diantaranya yaitu tahapan pengukuran curah hijau, tahapan pengukuran debit, tahapn pengambilan sampel, tahapan pengujian sampel, analisis perkiraan besarnya erosi, analisi besarnya sedimentasi,dan analisis umur check dam.

 

Dari penelitian dapat diketahui besarnya sedimentasi di DAS Air Anak menggunakan metode sedimen terukur yaitu 4.447,3193 m3/tahun sedangkan dengan metode USLE yaitu 3.306,3091 m3/tahun. Dari hasil penelitian dapat diketahui umur/usia check dam di DAS Air Anak selama 148 hari.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved