45. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK (PENDAFTARAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK) TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA TELUK BETUNG


2020

Yuliana Yamin, S.E., M.M.
Sodirin


 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian.
Metode pengumpulan data menggunakan jenis data primer dan data skunder dengan teknik wawancara,
observasi dan angket. Dengan menggunakan sensus responden yang digunakan adalah sampel yang berjumlah
50 orang. Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan adalah
analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk
Betung. Agar kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan lebih baik, disarankan Pimpinan dapat meningkatkan
pengawasan dan konseling kualitas pelayanan untuk mencegah terjadinya penurunan kepuasan pelanggan.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved