40. ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE


2022

Yuliana Yamin, S.E., M.M.
Novalia
Maristiana Ayu

 

Abstrak. Bekembangnya online di Indonesia turut mempengaruhi layanan ojek di Indonesia, saat ini kita
dapat memesan layanan ojek melalui aplikasi di smartphone. Layanan ini dikenal dengan ojek online.
Konsumen lebih memilih menggunakan layanan ojek online dari pada ojek konvensional. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk preferensi konsumen terhadap penggunaan transportasi online pada mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung dan untuk mengetahui
jenis transportasi online yang lebih diminati oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sang
Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan kepentingan tertinggi
adalah harga merupakan atribut yang memiliki nilai kepentingan tertinggi yaitu mencapai 53,376.
Berdasarkan nilai signifikansi Pearson’s R dan Kendall’s Tau masing-masing sebesar 0,000 dan 0,000 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada uji keakuratan (predictive accuracy) yang tinggi pada proses konjoin.
Transportasi online yang lebih diminati mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sang Bumi
Ruwa Jurai Bandar Lampung adalah Gojek dengan presentase 60,20% karena karena harga, kemudahan
dalam mengoperasikan aplikasi, dan keamanan. Diurutan kedua yaitu Maxim dengan presentase sebesar
33,7%, dan yang kurang diminati adalah Grab dengan presentase sebesar 6%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved