14. Memperkuat Ketahanan dan Menjamin Keberlangsungan Usaha: Pentingnya Pembukuan Teratur bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)


2024

Kinanti Faithya, S.E., M.M
Yuliana Yamin, S.E., M.M.


 

Keterampilan Basic Life Support (BHD) merupakan pengetahuan penting yang dapat diajarkan kepada masyarakat umum untuk memberikan pertolongan dalam keadaan darurat. Diharapkan setiap orang memiliki kemampuan dalam memberikan BHD karena dapat membantu penyelamatan korban dari berbagai kecelakaan atau kejadian yang tidak terduga. Namun, kurangnya pengetahuan tentang teknik BHD dapat berakibat fatal bagi korbannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memberikan pertolongan pertama. Data WHO menunjukkan bahwa sebagian besar kematian di seluruh dunia disebabkan oleh kecelakaan dan bencana alam yang sebenarnya bisa dicegah dengan BHD. Indonesia sendiri memiliki jumlah korban yang cukup besar sehingga menjadikannya salah satu negara dengan tingkat korban jiwa akibat bencana alam tertinggi. Oleh karena itu, pengetahuan dan keterampilan BHD sangat penting untuk menyelamatkan korban dan mengurangi jumlah korban yang berpotensi meningkat.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan BHD kepada siswa SMPN 12 Bandar Lampung. Mahasiswa dianggap sebagai agen perubahan yang dapat mempengaruhi masyarakat luas. Mamuju merupakan daerah rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir dan tsunami. Oleh karena itu, meningkatkan jumlah individu yang dilatih BHD di sekolah-sekolah tersebut dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat secara keseluruhan, meningkatkan ketahanan terhadap bencana, dan meminimalkan kemungkinan dampak negatif. 
 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved