Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi kepemimpinan Kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Tanggamus.
Peneliti memberikan tanggapan sementara bahwa persepsi kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh terhadap kinerja guru MTs di Kabupaten Tanggamus dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru MTs di Kabupaten Tanggamus dengan nilai Sig < 5% atau 0,05.
Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian di Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta yang berjumlah 44 Madrasah, penelitian ini menggunakan sampel penelitian yang berjumlah sebesar 88 responden yang digolongkan ke dalam beberapa kelompok berdasarkan atas jenis kelamin, usia, status sertifikasi, latar belakang pendidikan guru, dan masa kerja.
Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat dijelaskan sebagai berikut: Persepsi kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja guru MTs di Kabupaten Tanggamus dibuktikan dengan nilai Sig. persepsi kepemimpinan kerja< 0,05 (0,026< 0,05), sehingga H0 ditolak (Ha diterima). Motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di MTs di Kabupaten Tanggamus dibuktikan dengan nilai Sig motivasi kerja diperoleh < 0,05 (0,043<0,05), sehingga H0 ditolak (Ha diterima). Persepsi kepemimpinan dan Motivasi Kerja secara bersama berpengaruh terhadap kinerja guru MTs di Kabupaten Tanggamus dibuktikan dengan nilai sig 0,049 < 0,05 artinya H0 ditolak dan (Ha diterima). Dengan nilai kontribusi sebesar 0,640 Nilai Adjusted R Square bernilai positif, variable independen (persepsi kepemimpinan dan motivasi kerja) mampu menjelaskan varians dari variable dependen sebesar 64,0%, dan sisanya di jelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini