99. PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DI KABUPATEN TANGGAMUS


2020

MUHAMMAD IHSAN BUDIMAN



 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi kepemimpinan Kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Tanggamus.

Peneliti memberikan tanggapan sementara bahwa persepsi kepemimpinan kepala   madrasah   berpengaruh   terhadap   kinerja   guru   MTs   di   Kabupaten Tanggamus dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru MTs di Kabupaten Tanggamus dengan nilai Sig <  5%  atau 0,05.

Dalam   penelitian   ini   peneliti   melakukan   penelitian   di   Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta yang berjumlah 44 Madrasah, penelitian ini menggunakan sampel penelitian yang berjumlah sebesar 88 responden yang digolongkan ke dalam beberapa kelompok berdasarkan atas jenis kelamin, usia, status sertifikasi, latar belakang pendidikan guru, dan masa kerja.

Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat dijelaskan sebagai berikut: Persepsi  kepemimpinan  berpengaruh  terhadap  kinerja  guru     MTs  di Kabupaten Tanggamus dibuktikan dengan nilai Sig. persepsi kepemimpinan kerja< 0,05 (0,026< 0,05), sehingga H0 ditolak (Ha diterima). Motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di MTs di Kabupaten Tanggamus dibuktikan dengan  nilai  Sig  motivasi  kerja  diperoleh  <  0,05  (0,043<0,05),  sehingga  H0 ditolak (Ha diterima). Persepsi kepemimpinan dan Motivasi Kerja secara bersama berpengaruh terhadap kinerja guru MTs di Kabupaten Tanggamus dibuktikan dengan nilai sig 0,049 < 0,05 artinya H0 ditolak dan (Ha diterima). Dengan nilai kontribusi sebesar 0,640 Nilai Adjusted R Square bernilai positif, variable independen (persepsi kepemimpinan dan motivasi kerja)   mampu menjelaskan varians  dari  variable  dependen  sebesar  64,0%,  dan  sisanya  di  jelaskan  oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini


©2024 Repository Saburai. All rights reserved