98. PENGARUH SEMANGAT KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN WAY KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT


2020

RULLY HANAFI



 

Dalam suatu organisasi baik yang melayani kepentingan publik seperti organisasi pemerintahan maupun organisasi swasta, menginginkan pencapaian maksimal yang terkait dengan peningkatan hasil kerja demi tercapainya tujuan organisasi. Faktor selanjutnya yang mempengaruhi kinerja pegawai pada Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat adalah disiplin kerja. Fenomena yang terjadi pada Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat adanya beberapa pegawai yang terlambat hadir menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai terhadap instansi menurun. Untuk meningkatkan kinerja pegawai tentu banyak faktor yang mempengaruhi antara lain faktor intern yaitu yang ada pada diri pegawai seperti disiplin, motivasi, kompentensi, keterampilan dan tingkat pendidikan dan faktor eksternal yaitu lingkungan kerja, pengawasan pimpinan, fasilitas kerja.

Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 32 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Semangat Kerja (X1) dan Disiplin kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil pengujian hipotesis secara parsial pengaruh Semangat Kerja terhadap kinerja pegawai menunjukan bahwa  Nilai t hitung untuk Semangat Kerja yaitu  6.368 dengan konstanta 5.009, pada t tabel dengan db 32 dan taraf signifikan 0.05 diperoleh 1.67  karena t hitung> ttabel maka Ha diterima artinya Semangat Kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Kantor Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat. Kontribusi variabel Semangat Kerja terhadap kinerja adalah sebesar 41,6%, sedangkan Nilai t hitung untuk Disiplin Kerja yaitu 2.680 dengan konstanta 5.544, pada ttabel dengan db 32 dan taraf signifikan 0.05 diperoleh 1.68 karena thitung>ttabel maka Ha diterima. Artinya Disiplin Kerja berpengaruh terhadap kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat. Kontribusi variabel Disiplin Kerja terhadap kinerja sebesar 26,9%.

Jadi Uji Hipotesis secara simultan pengaruh variabel Semangat Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja dapat dilihat Nilai F hitung sebesar 24.272 yang lebih besar dari F tabel sebesar 3.12.  Nilai signifikasi  0.000 yang lebih kecil dari 0.05 menunjukkan bahwa secara bersama-sama Semangat Kerja dan Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat. Kontribusi pengaruh variabel Semangat Kerja dan Disiplin secara bersama-sama terhadap kinerja adalah sebesar 44,5%, sedangkan sisanya sebesar 55,5% merupakan variasi perubahan variabel lain yang tidak diteliti.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved