96. PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN URAIAN TUGAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT


2020

ISNAENI ADITYA MARVAN



 

Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Barat dalam mencapai tujuan organisasi masih terkendala dengan kinerja pegawai yang belum maksimal, hal ini terlihat dari masih ada pekerjaan yang tidak terselesaikan tepat pada waktunya.Fenomena yang tejadi adalah tingkat disiplin masih belum baik, selain itu pemahaman masing-masing pegawai akan uraian tugasnya juga masih lemah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  disiplin kerja dan  uraian tugas terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh disiplin kerja dan uraian tugas   baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai.

 

Populasi pada penelitian ini sejumlah 47 pegawai, sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 46 pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi dan uji koefisien determinasi.

 

Hasil  pengujian  hipotesis  pengaruh  disiplin  kerja    terhadap  kinerja    secara parsial menunjukkan bahwa disiplin kerja   berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar   73,9%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil uraian tugas   berpengaruh positif  terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 62,9%.  Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan disiplin kerja  dan uraian  tugas    secara  bersama-sama  berpengaruh  secara  positif  terhadap  kinerja dengan kontribusi sebesar 74,1%, sedangkan sisanya sebesar 25,9% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved