92. PENGARUH SEMANGAT KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT


2020

NUGRAHA DANANG PAMUNGKAS



 

Organisasi merupakan sistem dan kegiatan manusia yang bekerja secara bersama. Sejalan dengan itu, organisasi  dikatakan  sebagai  suatu  koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hirarki otoritas dan tanggungjawab. Kondisi yang ada di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Barat adalah masih adanya pegawai yang bekerja tidak berdasarkan latar belakang pendidikannya sehingga ia tidak menguasai pekerjaannya, masih adanya pegawai yang bermalas-malasan saat bekerja, tidak bersemangat dalam bekerja. Faktor selanjutnya yang mempengaruhi kepuasan kerja pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Barat adalah disiplin kerja. Dari instansi sendiri juga berperan dalam mengelola pegawainya agar mematuhi segala peraturan, norma yang telah ditetapkan oleh instansi sehingga para pegawai bekerja dengan disiplin dan efektif. Fenomena yang terjadi pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Barat adanya beberapa pegawai yang terlambat hadir menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai terhadap instansi menurun. Dalam hal kepuasan kerja di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Barat pegawai kurang puas terhadap apa yang di capai dari target kegiatan yang di rencanakan antara lain, kebosanan atas rutinitas yang dialami dalam kegiatan tersebut karena kelelahan dan kurangnya komunikasi antara rekan kerja baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur dalam hubungan koordinasi yang telah ditetapkan dalam pencapaian target kegiatan tersebut.

Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 51 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Semangat Kerja (X1) dan Disiplin Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kepuasan Kerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

Berdasarkan hasil analisis data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Semangat Kerja (X1) terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 49,9% Terdapat pengaruh Disiplin Kerja (X2) terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 38,8% Terdapat pengaruh Semangat Kerja (X1) dan Disiplin Kerja (X2) terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 52,8%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved