91. PENGARUH INSENTIF DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN LAMPUNG SELATAN


2020

ABU HURAIROH



 

Organisasi merupakan sebuah sistem dan kegiatan manusia yang bekerja sama untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui tanggung jawab.  Sebuah organisasi membutuhkan manusia sebagai sumber daya pendukung utama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Insentif merupakan salah satu jenis penghargaan yang diberikan organisasi berkaitan dengan disiplin dan kinerja guru yang tinggi yang dicapai oleh seorang guru. Semakin tinggi disiplin dan kinerja guru, semakin besar pula insentif yang diberikan organisasi. Kepuasan kerja sendiri dapat diartikan sebagai sikap emosional yang menyenangkan dan mencintainya pekerjaannya dengan tolok ukur tingkat disiplin, moral kerja dan turnover. 

Penelitian yang akan dilaksanakan jenis eksploanatoris. Jenis penelitian ini bermaksud menjelaskan suatu fenomena sosial khusus tentang mengapa (why) dan bagaimana (how) sesuatu terjadi. Penelitian ini menggunakan 55 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Insentif (X1), Kepuasan Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Guru (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Insentif (X1) terhadap Kinerja Guru (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 41,6% yang berarti Insentif memberikan pengaruh sebesar 41,6% terhadap Kinerja Guru. Terdapat pengaruh antara Kepuasan Kerja (X2) dengan Kinerja Guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 33,4% yang berarti bahwa Kepuasan Kerja memberikan pengaruh sebesar 33,4% terhadap Kinerja Guru. Terdapat pengaruh antara Insentif (X1), Kepuasan Kerja (X2) dengan Kinerja Guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 44,4% yang berarti bahwa Insentif dan Kepuasan Kerja memberikan pengaruh sebesar 44,4% terhadap Kinerja Guru.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved