90. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI LAMPUNG


2020

DEWI NINGSIH



 

Objek penelitian ini adalah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Lampung berlokasi di Jalan Robert Wolter Monginsidi No. 69 Teluk Betung Bandar Lampung.

 

Masalah yang dihadapi adalah gaya kepemimpinan masih kurang adil dalam pemerataan pemberian tugas kepada bawahan, sehingga pegawai kurang memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaannya. Rendahnya motivasi kerja yang dimiliki pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Lampung, hal ini terlihat kurangnya pembinaan dari pimpinanserta tidak adanya kesempatan pegawai untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan khususnya dibidang keuangan daerah. Rendahnya capaian kinerja para pegawai di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Lampung, hal ini terlihat dalam capaian penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil, terhadap kinerja pegawai belum optimal.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai dan pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Lampung.

 

Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik sampel dari pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Lampung berjumlah 50 orang. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang cukup signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Dimana kita ketahui bahwa gaya kepemimpinan yang baik dan motivasi kerja yang tinggi akan meningkatkan kinerja pegawai.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved