86. PENGARUH DISIPLIN DAN FASILITAS KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 1 BANGUNREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH


2020

AHMAD MUSAWEMEN



 

Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, guru dituntut memiliki beberapa kemampuan dan ketrampilan tertentu. Kemampuan dan ketrampilan tersebut sebagai bagian dari kompetensi profesionalisme guru. Kompetensi merupakan suatu kemampuan yang mutlak dimiliki oleh guru agar tugasnya sebagai pendidik dapat terlaksana dengan baik. Fenomena yang terjadi pada SMA Negeri 1 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah adanya beberapa pegawai yang terlambat hadir menunjukkan bahwa disiplin kerja guru menurun dilihat dari daftar absensi pegawai di SMA Negeri 1 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Adapun Fasilitas kerja di SMA Negeri 1 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah kurang memadai dilihat dari kurangnya tempat laboratorium, Lab Komputer yang jumlahnya kurang, jumlah buku perpusatakaan yang kurang lengkap, hal ini akan mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi terhambat dan kinerja guru menjadi rendah. Dalam kaitannya dengan kinerja guru, masih terdapat kualitas hasil kerja yang belum optimal tidak sesuai yang dengan apa yang diharapkan oleh instansi. Hal tersebut tentunya harus segera dibenahi agar para pimpinan dan bawahan pada lembaga pendidikan di Kabupaten Lampung Tengah dapat bekerja lebih optimal.

Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 36 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Disiplin Guru (X1) dan Fasilitas Kerja Guru (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Guru (Y) sebagai variabel terikat.

Berdasarkan hasil analisis data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Disiplin Guru (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 53,6%. Terdapat pengaruh Fasilitas Kerja Guru (X2) terhadap Kinerja Guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 43,4%. Terdapat pengaruh Disiplin Guru (X1) dan Fasilitas Kerja Guru (X2) terhadap Kinerja Guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 44,4%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved