Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah dan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru pada Yayasan Bodhisattva Bandar Lampung.
Penelitian yang dilaksanakan adalah jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 43 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah (X1) dan kompetensi manajerial kepala sekolah (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru Yayasan Bodhisattva Bandar Lampung, hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 5,907 dan thitung > ttabel 1,684. Nilai R-Square 0,339 x 100% = 33,9%. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru Yayasan Bodhisattva Bandar Lampung sebesar 33,9%. (2) Terdapat pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru Yayasan Bodhisattva Bandar Lampung, hal ini terbukti uji hipotesis Parsial melalui uji t diperoleh nilai thitung kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 5,497 dan thitung > ttabel 1,684. Nilai R-Square = 0,308 x 100% = 30,8%. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 30,8%. (3) Terdapat pengaruh kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah dan kompetensi manajerial kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada Yayasan Bodhisattva Bandar Lampung, ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F memperoleh hasil 18,090 dan jauh lebih besar dari nilai Ftabel 3,238, pada taraf signifikan 5%. Jadi Fhitung adalah lebih besar dari Ftabel 3,238 (Fhitung > Ftabel). Nilai R-Square = 0,351 x 100% = 35,1%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa besarnya pengaruh kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah dan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 35,1%, dan sisanya sebesar 64,9% akibat penyesuaian faktor lain yang tidak penulis teliti dalam penulisan tesis ini.