77. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK NEGERI DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

 

Guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, Semua komponen lain, mulai dari kurikulum, sarana-prasarana, biaya dan sebagainya tidak akan banyak berarti apabila esensi pembelajaran tidak berkualitas. Lingkungan kerja guru dimana sebagian besar waktu kerja guru merupakan suatu faktor yang juga ikut menentukan kreativitas guru. Lingkungan kerja yang nyaman dimudahkan guru dalam melaksanakan tugasnya. Namun, masalahnya lingkungan cenderung mendorong pada suasana kerja yang kurang kondusif. Guru dihadapkan pada serangkaian target mengajar, menuntaskan semua kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik yang cakupannya luas. Selain itu hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai kinerja guru yang tinggi diperlukan adanya motivasi dari guru untuk meningkatkan kinerjanya secara utuh, Seorang guru harus menunjukkan perilaku yang kuat yang diarahkan untuk menuju suatu tujuan tertentu, adanya keinginan dan hasrat yang lebih mengarah pada tingkah laku yang berorientasi pada tercapainya standar of excellent. Guru yang efektif adalah yang mampu melaksanakan tujuh tugas utama guru dan berhasil mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 38 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Lingkungan Kerja (X1) dan Motivasi (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Guru (Y) sebagai variabel terikat.

Berdasarkan hasil analisis data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Lingkungan Kerja (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 49,9%. Terdapat pengaruh Motivasi (X2) terhadap Kinerja Guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 38,8%. Terdapat pengaruh Lingkungan Kerja (X1) dan Motivasi (X2) terhadap Kinerja Guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 52,8%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved