75. PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SD AL-AZHAR 2 KOTA BANDAR LAMPUNG

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan budaya kerja  terhadap kinerja guru di SD Al-Azhar 2  Kota  Bandar Lampung.

Penelitian yang dilaksanakan adalah jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 43 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana supervisi akademik kepala sekolah (X1), dan budaya kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Al-Azhar 2 Kota  Bandar Lampung, hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 5,907 dan thitung > ttabel 1,684. Nilai R-Square 0,339 x 100% = 33,9%. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Al-Azhar 2 Kota Bandar Lampung sebesar 33,9%. (2) Terdapat pengaruh  budaya kerja terhadap kinerja guru SD Al-Azhar 2 Kota Bandar Lampung, hal ini terbukti uji hipotesis Parsial melalui uji t diperoleh nilai thitung budaya kerja  terhadap kinerja guru sebesar 5,497 dan thitung > ttabel 1,684. Nilai R-Square = 0,308 x 100% = 30,8%. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru sebesar 30,8%. (3) Terdapat pengaruh  supervisi akademik kepala sekolah dan budaya kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada SD Al-Azhar 2 Kota Bandar Lampung, ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F memperoleh hasil 18,090 dan jauh lebih besar dari nilai Ftabel 3,238, pada taraf signifikan 5%. Jadi Fhitung adalah lebih besar dari Ftabel 3,238 (Fhitung > Ftabel). Nilai R-Square = 0,351 x 100% = 35,1%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa besarnya pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan budaya terhadap kinerja guru sebesar 35,1%, dan sisanya sebesar 64,9% akibat penyesuaian faktor lain yang tidak penulis teliti dalam penulisan tesis ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved