73. PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU


2020

YULIA HARDIANTI



 

Suatu negara dalam menghasilkan pemerintahan yang baik dan bersih maka perlu diterapkan konsep Good Government Governance (GGG) secara nyata. Good Governance adalah suatu penyelenggaraan manajemen pembangunan yang bertanggung jawab sejalan dengan prinsip demokrasi, penghindaran salah alokasi dana investasi, dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun secara administratif.  Good Governance mendasarkan suatu konsep yang mengacu kepada proses pencapaian keputusan dan pelaksanaannya dapat dipertanggungjawabkan secara bersama.

Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif, Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta – fakta dan sifat – sifat populasi tertentu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan menjelaskan pendekatan-pendekatan yang ada. Penelitian ini menggunakan 80 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Pengembangan Karir (X1) dan Budaya Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kepuasan Kerja (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut: terdapat pengaruh antara Pengembangan Karir (X1) terhadap Kepuasan Kerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 50,6% yang berarti Pengembangan Karir memberikan pengaruh sebesar 50,6% terhadap Kepuasan Kerja pegawai. Terdapat pengaruh antara Budaya Kerja (X2) dengan Kepuasan Kerja  pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 41,3% yang berarti bahwa Budaya Kerja memberikan pengaruh sebesar 41,3% terhadap Kepuasan Kerja pegawai. Terdapat pengaruh antara Pengembangan Karir (X1), Budaya Kerja (X2) dengan Kepuasan Kerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 54,6% yang berarti bahwa Pengembangan Karir dan Budaya Kerja memberikan pengaruh secara simultan sebesar 54,6% terhadap Kepuasan Kerja pegawai.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved