68. PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI LAMPUNG


2020

NADYA FEBIYANTI



 

Pada masa perkembangan teknologi dewasa ini menuntut organisasi untuk lebih dinamis, kreatif dan inovatif. dengan begitu, organisasi memerlukan sumber daya manusia yang mampu mengimbangi dinamika organisasi tersebut, yaitu sumber daya  manusia yang memiliki nilai kinerja yang kuat, fleksibel, dan dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini salah satunya adalah tentang kompetensi pegawai. Kompetensi pegawai yang masih rendah terlihat dari masih adanya pegawai yang bekerja tidak berdasarkan latar belakang pendidikannya dan kurangnya pengetahuan tentang pekerjaannya sehingga ia tidak menguasai pekerjaannya. Kondisi lingkungan kerja yang nyaman akan mempengaruhi pegawai bekerja lebih giat dan konsentrasi menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai jadwal. Keberhasilan peningkatan kinerja menuntut instansi mengetahui sasaran kinerja. Jika sasaran kinerja ditumbuhkan dari dalam diri karyawan akan membentuk suatu kekuatan diri dan jika situasi lingkungan kerja turut menunjang maka pencapaian kinerja akan lebih mudah. Tugas utama pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai dengan  kondisi tersebut adalah mengarahkan dan mengatur program pelatihan, pendidikan, dan pengembangan Sumber Daya Manusia perlu diterapkan dalam perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang ada.

Penelitian yang akan dilaksanakan jenis eksploanatoris. Jenis penelitian ini bermaksud menjelaskan suatu fenomena sosial khusus tentang mengapa dan bagaimana sesuatu terjadi. Penelitian ini menggunakan 56 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Kompetensi (X1), Lingkungan Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Kompetensi (X1) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 52,8% yang berarti Kompetensi memberikan pengaruh sebesar 52,8% terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat pengaruh antara Lingkungan Kerja (X2) dengan Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 44,7% yang berarti bahwa Lingkungan Kerja memberikan pengaruh sebesar 44,7% terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat pengaruh antara Kompetensi (X1), Lingkungan Kerja (X2) dengan Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 54,4% yang berarti bahwa Kompetensi dan Lingkungan Kerja memberikan pengaruh sebesar 54,4% terhadap Kinerja Pegawai.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved