66. PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BANDAR LAMPUNG


2020

TETTY HERAWATI BR PERANGIN-ANGIN



 

 

Objek penelitian ini adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung , jalan Amir Hamzah Gotong Royong Bandar Lampung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi   dan lingkungan kerja di Dinas Pen- didikan Kota Bandar Lampung. Hal ini berdampak pada kurang  maksimalnya kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kota Bandar  Lampung,  (2) mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pen- didikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, (3) mengetahui pengaruh moti- vasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung.

Penelitian  ini  merupakan penelitian  deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai  pada Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung sebanyak 243 orang,  Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data  dilakukan  dengan  menggunakan  kuesioner  (angket)  dengan  mengunakan skala Likert. Analisis data mencakup: validitas dan reliabilitas, analisis regresi sederhana  dan  regresi  berganda  pengujian  hipotesis  melalui analisis  koefisien determinasi, uji t dan F.

Hasil penelitian  ini  menggunakan uji t  dan uji  F  menunjukkan bahwa variabel motivasi dan  lingkungan kerja  berpengaruh terhadap  kinerja pegawai sebagai variabel dependen, dengan nilai R square sebesar 0,301. Hal ini menunjukkan bahwa  30,1%  variabel kinerja  pegawai dapat  dijelaskan  melalui variabel motivasi dan lingkungan kerja. Sedangkan sisanya 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar motivasi   dan lingkungan kerja yang digunakan dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved