64. PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA BANDAR LAMPUNG


2020

HERIANSYAH PUTRA



 

Permasalahan yang ditemukan yang berkaitan dengan tema penelitian antara lain Kondisi Motivasi pegawai saat ini di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana masih rendah ini dapat dilihat kurangnya perhatian atasan kepada bawahan terutama kepada pegawai yang memiliki beban kerja yang tinggi, dan minimnya penghargaan yang diberikan atas kinerja yang dicapai oleh para pegawai tersebut. Sehingga pegawai lebih suka melimpahkan tugas yang sudah menjadi tanggung jawab mereka kepada pegawai kontrak, sehingga berdampak rendahnya semangat kerja pegawai karena merasa kurang diperhatikan dan mengakibatkan kinerja pegawai menjadi rendah.

Kondisi disiplin kerja di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana saat ini disiplin kerja masih rendah terlihat dari tingkat kehadiran pegawai yang tidak mencapai 100% setiap bulannya menjadi kendala dalam upaya menyelesaikan suatu pekerjaan tepat pada waktunya. Dapat dilihat dari rekapitulasi kehadiran dimana baru mencapai 86.06 % saja setiap bulannya.

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka peneliti tertarik mengajukan penelitian dengan judul” Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa  Nilai t hitung untuk motivasi  yaitu  3.332 dan nilai t tabel dengan db 58 dan taraf signifikan 0.05 diperoleh 1.673 karena T hitung > T tabel maka Ha diterima artinya motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, dengan kontribusi 16.5 % Nilai T hitung untuk Disiplin Kerja yaitu  3.647 dan nilai T tabel dengan db 58 dan taraf signifikan 0.05 diperoleh 1.673 karena T hitung > T tabel maka Ha diterima artinya Disiplin Kerja  berpengaruh terhadap kinerja pegawai, dengan kontribusi 13.9 % .Hasil pengujian hipotesis secara simultan didapat  Nilai F hitung sebesar 9.299  yang lebih besar dari f tabel sebesar 3.16.  Nilai signifikasi  0.000 yang lebih kecil dari 0.05 menunjukkan bahwa secara bersama-sama motivasi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dengan kontribusi 25.3%


©2024 Repository Saburai. All rights reserved