Abstrak Tujuan dari peneliti adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawatinap pada RS Bahagia. Dimensi kualitas pelayanan yaitu: Tangible, reliability, responsiveness, assurance danemphaty dalam meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode analisis menunjukkanyaitu metode analisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dimensikualitas pelayanan (tangible, responsiveness, assurance dan emphaty) berpengaruh terhadap peningkatanpasien pada RS. RS. Bahagia Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis koefisien regresi dan kolerasi,2) Berdasarkan hasil analisis mengenai faktor-faktor yang lebih dominan dalam mempengaruhi kepuasanpasien maka dimensi kualitas pelayanan assurance yang dominan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasanpasien karena memberikan jaminan yang memuaskan dari bidan RS. Bahagia Makassar.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved