17. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar


2020

Dr. Nuzleha, S.E., M.Si., M.M
Dr. Maristiana Ayu
Roy Rocky Suprapto Baan

 

Abstrak 
Tujuan dari peneliti adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat
inap pada RS Bahagia.  Dimensi kualitas pelayanan yaitu: Tangible, reliability, responsiveness, assurance dan
emphaty dalam meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode analisis menunjukkan
yaitu metode analisis  dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dimensi
kualitas pelayanan (tangible, responsiveness, assurance dan emphaty) berpengaruh terhadap peningkatan
pasien pada RS. RS. Bahagia Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis koefisien regresi dan kolerasi,
2) Berdasarkan hasil analisis mengenai faktor-faktor yang lebih dominan dalam mempengaruhi kepuasan
pasien maka dimensi kualitas pelayanan assurance yang dominan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan
pasien karena memberikan jaminan yang memuaskan dari bidan RS. Bahagia Makassar. 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved