62. PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SD KARTIKA II-5 BANDAR LAMPUNG

 

Objek penelitian ini dilaksanakan  di SD Kartika  II-5 Bandar Lampung beralamat Jl. Kapten Piere Tenden N o.4 Palapa Kota Bandar Lampung. SD KARTIKA II-5 BANDAR LAMPUNG terkenal dengan nama sekolah PERSIT tujuan dari penelitian ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi guru terhadap kinerja guru di dalam lingkungan sekolah SD Kartika II-5 Bandar Lampung .

 

        Berdasarkan pengamatan peneliti.situasi dan kondisi faktual di lingkungan SD Kartika II-5 Bandar Lampung menunjukkan masih banyaknya  guru yang kurang efektif dalam mengajar disebabkan kurangnya pantauan secara langsung dari kepala sekolah terhadap guru – guru, sehingga para guru yang berada di SD Kartika II-5 Bandar Lampung sangat  kurang termotivasi untuk mengajar sehingga berdampak terhadap menurunnya kinerja.

 

            Agar penelitian dapat dijalankan sesuai dengan yang diharapkan, maka perlunya diadakan desain penelitian. Desain yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian  kuantitatif dengan populasi sebanyak 53 orang. Dari hasil penelitian bahwa Supervisi Kepala Sekolah dan  Motivasi Guru memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Guru dengan pembuktian nilai angka Fhitung >Ftabel sebesar 21.602 > 3.18 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru  berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru SD Kartika II-5 Bandar Lampung


©2024 Repository Saburai. All rights reserved