60. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, apakah ada pengaruh disiplin kerja guru terhadap kinerja guru, apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah  dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Bangunrejo Lampung Tengah.

Sesuai dengan permasalan, maka Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah  terhadap kinerja guru, untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja guru  terhadap kinerja guru, dan untuk mengetahui Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Bangunrejo Lampung Tengah.

Responden dalam penelitian ini sebanyak 51 orang guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner, wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dengan menggunakan program IBM SPSS statistics  23 meliputi perhitungan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, regresi linear berganda, korelasi,  uji t dan uji F.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kontribusi gaya kepemimpin kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama mampu menjelaskan sebesar 31,7% terhadap kinerja guru, sisanya sebesar 68,3% merupakan penjelasan dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved