58. PENGARUH KUALITAS AUDITOR DAN PENYELESAIAN TINDAK LANJUT HASIL AUDIT TERHADAP EFEKTIFITAS ORGANISASI INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN WAY KANAN

 

Keberhasilan dalam audit internal ditentukan oleh kualitas auditor dan penyelesaian tindaklanjut hasil audit dalam mencapai efektifitas organisasi yang telah ditetapkan, efektifitas organiasai merupakan sebuah sistem manajemn untuk mencapai beberapa tujuan dan sasaran. Semakin baik kualitas auditor dalam menyajikan laporan hasil audit akan memudahkan auditi dalam penyelesaian tindaklanjut hasil audit, hal ini akan mendukung dalam pencapaian tujuan organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa auditor dapat berperan sebagai konsultan yang berarti dalam melakukan audit, auditor juga ikut berperan dalam menyampaikan permasalahan yang terkait dalam perusahaan/organisasi.

 

Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Deskriktif kuantitatif.  Penelitian ini menggunakan 30 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) variabel bebas (X dan X) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kualitas auditor (X) dan penyelesaian tindaklanjut hasil audit (X) sebagai variabel bebas dan efektifitas organisasi sebagai variabel terikat.

 

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut : terdapat pengaruh kualitas auditor (X) terhadap efektifitas organisasi (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 52,8% yang berarti kualitas auditor memberikan pengaruh sebesar 52,8% terhadap efektifitas organisasi. Terdapat pengaruh antara penyelesaian tindaklanjut hasil audit (X) terhadap efektifitas organisasi (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 52,7% yang berarti penyelesaian tindaklanjut hasil audit memberikan pengaruh sebesar 52,7% terhadap efektifitas organisasi (Y). Tehadap pengaruh kualitas auditor (X), penyelesaian tindaklanjut hasil audit (X) dengan efektifitas organisasi (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 60,4% yang berarti bahwa kualitas auditor dan penyelesaian tindaklanjut hasil audit memberikan pengaruh sebesar 60,4% terhadap efektifitas organisasi.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved