56. PENGARUH KOMPETENSI KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PERSONIL PADA SATUAN KERJA DIREKTORAT INTELIJEN KEAMANAN POLDA LAMPUNG


2020

EMI ZULKARNAIN



 

Direktorat Intelkam Polda Lampung merupakan salah satu Satuan Kerja yang berada di Polda Lampung yang berperan sebagai penyelenggara dan perencana bidang Operasional Kepolisian khususnya dalam meningkatkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, agar mampu melindungi seluruh warga masyarakat dalam beraktifitas untuk meningkatkan kualitas hidup yang bebas dari bahaya, ancaman dan gangguan kamtibmas lainnya. Peran kompetensi sangat diperlukan dalam kinerja pegawai dam hal ini personil kepolisian. Anggota polisi yang memiliki kompetensi kerja yang baik tentu akan mudah melaksanakan semua tanggung jawab pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja adalah motivasi kerja di dalam organisasi. Demi tercapainya tujuan organisasi, anggota suatu organisasi memerlukan motivasi untuk lebih giat dalam bekerja sehingga hasil pekerjaan menjadi lebih baik dan lebih tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi keerja dan motivasi kerja terhadap kinerja personil pada Direktorat Intelkam Polda Lampung.

 

Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 74 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi kerja (X1) dan motivasi Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja personil (Y) sebagai variabel terikat.

 

Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Secara parsial diketahui bahwa variabel kompetensi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja personil pada Satuan Kerja Direktorat Intelijen Keamanan Polda Lampung, dengan hasil perhitungan sebesar 0,279. Secara parsial diketahui bahwa variabel motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja personil pada Satuan Kerja Direktorat Intelijen Keamanan Polda Lampung, dengan hasil perhitungan sebesar 0,309. Secara simultan diketahui bahwa variabel kompetensi dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap personil pada Satuan Kerja Direktorat Intelijen Keamanan Polda Lampung dengan hasil F hitung sebesar 7,327.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved