47. PENGARUH PELATIHAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA POKJA DI LINGKUNGAN BIRO PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG


2020

HERY WISNU HARYATNO



 

Kompetensi, keahlian dan perilaku yang dimiliki pegawai tersebut harus dipertahankan dan dikembangkan lagi, oleh karena itu pelatihan perlu diberikan kepada pegawai agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan perubahan global. Kualitas SDM ditentukan oleh seberapa jauh sistem di bidang SDM sanggup menunjang dan memuaskan keinginan pegawai maupun organisasi. Peningkatan pengetahuan, sklill, perubahan sikap, perilaku, koreksi terhadap kekurangan-kekurangan kinerja dibutuhkan guna meningkatkan kinerja melalui pelatihan SDM dari organisasi tersebut. Fenomena ini menarik minat penulis untuk meneliti dan mengkaji lebih lanjut dengan cara menguji dan menganalisis “Pengaruh Pelatihan dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pokja di Lingkungan Biro Pengadaan Barang dan Jasa pemerintah Provinsi Lampung”. Fokus penelitian pada konsep Pelatihan, Beban Kerja, dan Kinerja Pegawai.

Jenis penelitian yang digunakan untuk tesis ini adalah penelitian evaluatif. Bersifat evaluatif karena penelitian ini diarahkan pada pengujian model. Dalam penelitian ini juga jenis yang digunakan adalah evaluasi. Arikunto, (2012)

Berdasarkan hasil analisis secara bersama – sama Kepemimpinan dan Komitmen berpengaruh terhadap Kinerja dengan nilai F hitung sebesar 121.311 dan F signifikansi adalah 0.000 < 0.05 yaitu pada tingkat signifikansi 95% yang berarti sahih. Dengan demikian maka Ho ditolak, berarti koefisien regresi signifikan dan menerima asumsi linieritas. Kemudian pada uji t yang dilakukan untuk melihat besarnya pengaruh secara individu variabel bebas terhadap variabel tak bebas. Dan hasil estimasi dapat kita lihat bahwa nilai t hitung untuk variabel (X1) sebesar 15.508 (Prob.sig. = 0,000) dan untuk variabel (X2) sebesar -13.645 (Prob.sig. = 0,000) yang berarti t hitung > t table dengan tingkat signifikansi 95% (persen). Hal ini menunjukkan bahwa koefisien masing variabel bebas adalah penting secara statistik pengaruhnya terhadap variabel tak bebasnya atau dengan kata lain bahwa berpengaruh Signifikan baik secara parsial maupun simultan. Kemudian koefisien determinasi sebesar 83,8% (persen) dari variasi perubahan pengaruh Pelatihan dan Beban Kerja dapat menjelaskan Kinerja.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved