Banyak faktor mempengaruhi kinerja guru, tetapi di sini peneliti hanya mempelajari faktor kompetensi profesional dan motivasi kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional mempengaruhi kinerja guru. Motivasi kerja mempengaruhi kinerja guru. Kompetensi profesional dan motivasi kerja secara simultan mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan Motivasi kerja terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Bandar Lampung.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 31 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini adalah: dua (2) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat (Y) di mana kompetensi profesional (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat.
Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis; ada pengaruh kompetensi profesional yang signifikan (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 33,9%. Ada pengaruh Motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh 30,8%. Ada pengaruh kompetensi profesional (X1) dan Motivasi kerja (X2) secara bersamaan terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh 35,1%.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved