43. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KANTOR BIRO LOGISTIK POLDA LAMPUNG


2020

ROMAND PANGHURIAN



 

Lingkungan kerja adalah tempat di mana anggota kepolisian melakukan aktivitas setiap harinya. Lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa aman dan memungkinkan anggota kepolisian untuk dapat bekerja optimal. Dalam hal lingkungan kerja pada Kantor Biro Logistik Polda Lampung, Kondisi Lingkungan kerja yang belum sepenuhnya baik seperti contoh lampu di ruangan kerja banyak yang mati sehingga pekerjaan tertunda, komputer d ruangan tidak berfungsi dengan baik. Fenomena yang terjadi pada Kantor Biro Logistik Polda Lampung adanya beberapa anggota yang terlambat hadir menunjukkan bahwa disiplin kerja anggota terhadap instansi menurun dilihat dari daftar absensi anggota di Kantor Biro Logistik Polda Lampung. Dalam hal kepuasan kerja di Kantor Biro Logistik Polda Lampung anggota kurang puas terhadap apa yang di capai dari target kegiatan yang di rencanakan antara lain, kebosanan atas rutinitas yang dialami dalam kegiatan tersebut karena kelelahan dan kurangnya komunikasi antara rekan kerja baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur dalam hubungan koordinasi yang telah ditetapkan dalam pencapaian target kegiatan tersebut.

Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 65 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Lingkungan Kerja (X1) dan Disiplin Anggota (X2) sebagai variabel bebas dan kepuasan kerja (Y) sebagai variabel terikat.

Berdasarkan hasil analisis data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Lingkungan Kerja (X1) terhadap kepuasan kerja (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 49,9%. Terdapat pengaruh Disiplin Anggota (X2) terhadap kepuasan kerja (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 38,8% Terdapat pengaruh Lingkungan Kerja (X1) dan Disiplin Anggota (X2) terhadap kepuasan kerja (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 52,8%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved