42. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN KOTABUMI SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA


2020

PUSPITA DHARMAYANTI



 

Kepemimpinan adalah salah satu faktor penting dalam meningkatkan kinerja pegawai. Begitu juga dengan motivasi kerja yang merupakan daya penggerak yang dihasilkan dari keinginan individu untuk memuaskan kebutuhan sehingga mereka mau melakukan pekerjaan. Berdasarkan prasurvey yang dilakukan oleh peneliti, kedua faktor tersebut mempengaruhi kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh kepemimpinan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Penelitian ini menggunakan 28 responden penelitian. 

Berdasarkan hasil analisis didapati bahwa yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kepemimpinan (X1) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 49,9%, pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 38,8% dan pengaruh kepemimpinan (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 52,8%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved