40. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAGIAN LAYANAN PENGADAAN BARANG DAN JASA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN


2020

NUR AANDRIANA ALFAT



 

Organisasi merupakan suatu tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali. Organisasi di bentuk untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan dengan baik sebelumnya. Dari semua faktor yang ada dalam sebuah organisasi faktor sumber daya manusialah yang paling utama dibandingkan faktor-faktor lainnya disetiap kegiatan yang ada.  Keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh kegiatan pendayagunaan sumber daya manusia dominan.

 

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, pimpinan perlu menggerakkan serta memantau pegawainya agar dapat mengembangkan seluruh kemampuan yang dimilikinya, dimana pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan diarahkan untuk meningkatkan kinerja pegawai. Selain itu peningkatan kompetensi juga perlu ditingkatkan.

 

Tujuan penelitian  dalam tesis ini adalah  untuk mengkaji  pengaruh kepemimpinan dan kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Lampung Selatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 58,5%. Selanjutnya kompetensi juga berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 63,2%. Hasil analisis regresi variabel kepemimpinan dan kompetensi didapat persamaan Y = 2.634+ 1.882X1 + 2,836X2 serta uji hipotesis secara bersama-sama menunjukkan terdapat pengaruh positif kepemimpinan an kompetensi terhadap kinerja pegawai, dengan kontribusi pengaruh sebesar 66,5% dan sisanya 33,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved