37. PENGARUH PENGAWASAN MELEKAT DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA ANGGOTA POLRESTA BANDAR LAMPUNG


2020

IRWAN SUSANTO



 

Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai suatu organisasi pemerintah yang memiliki tugas sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayan kepada masyarakat, tentunya memiliki peranan penting dalam menciptakan kondisi yang kondusif dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan melekat dan disiplin kerja terhadap kinerja anggota Polresta Bandar Lampung.

 

Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory. Jenis penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis hasil penelitian yang sudah ada. Penelitian ini menggunakan 65 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1  dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana pengawasan melekat (X1) dan disiplin kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja (Y) sebagai variabel terikat.

 

Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh pengawasan melekat (X1) terhadap Kinerja (Y), dengan tingkat pengaruh (R2) sebesar 50,6%. Terdapat pengaruh disiplin kerja (X2) terhadap Kinerja (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 41,3%. Terdapat pengaruh pengawasan melekat (X1) dan disiplin kerja (X2) secara bersama-sama terhadap Kinerja (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 54,6%.

 

Implikasi dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan pengawasan  melekat,   disiplin   kerja   dan   kinerja   anggota   Polresta   Bandar Lampung.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved