36. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA


2020

YUDHI BACHTIAR



 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara dihadapkan pada masalah kepemimpinan pada setiap bidang organisasi, dimana pemimpin belum  mampu memacu kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) secara optimal.  Tingkat disiplin ASN belum sesuai dengan standar, penegakkan  disiplin kerja juga masih dirasakan kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan disiplin terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh kepemimpinan dan disiplin baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai.

Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 64 pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan kuisioner. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi.

Hasil pengujian hipotesis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja secara parsial menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar  86,7%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil disiplin berpengaruh positif  terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 85,8%.  Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan kepemimpinan  dan disiplin secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 86,8%, sedangkan sisanya sebesar 13,2% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti.  


©2024 Repository Saburai. All rights reserved