34. PENGARUH STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) BANDAR LAMPUNG


2020

INDAH NOVITA SARI



 

Pelayanan publik yang diberikan instansi Pemerintah kepada masyarakat merupakan perwujudan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Oleh sebab itu, secara otomatis berbagai fasilitas pelayanan publik harus lebih didekatkan pada masyarakat, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh standar operasional prosedur dan kualitas pelayanan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Imigrasi Klas I TPI Bandar Lampung.

 

Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 39 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1  dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana standar operasional prosedur (X1) dan kualitas pelayanan (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

 

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 83,8% Terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 83,6%. Terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 84,0%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved