PENYELESAIAN WAN PRESTASI DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN (Studi di PT. Smart Multi Finance Bandar Lampung)


2024

HILMI IBRAHIM AJI



ABSTRAK

 

PENYELESAIAN WAN PRESTASI DALAM PERJANJIAN

PEMBIAYAAN KONSUMEN

(Studi di PT. Smart Multi Finance Bandar Lampung)

 

Oleh

Hilmi Ibrahim Aji

 

Bagi masyarakat dengan kelas menengah ke bawah yang memiliki penghasilan rendah, hal ini menjadi masalah tersendiri bagi mereka dikarenakan ketika ingin memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Hal inilah yang mendorong lahirnya lembaga pembiayaan konsumen dan akhirnya tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat. Permasalahan yang terjadi di PT. Smart Multi Finance Bandar Lampung adalah pemberian kredit kendaraan bermotor tersebut melalui lembaga pembiayaan seringkali menimbulkan sengketa antara kedua belah pihak, yang mana pada umumnya pihak debitur tidak memenuhi prestasi dalam melakukan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. Sehingga pihak kreditur yakni PT. Smart Finance melakukan penarikan atau penyitaan terhadap objek dari perjanjian tersebut

Metode yang digunakan adalah yuridis normatif dan yuridis empiris yang dikenal juga dengan metode penelitian lapangan, yaitu pengumpulan materi atau bahan penelitian yang harus diupayakan atau dicari sendiri oleh penulis karena belum tersedia. Data didapatkan melalui wawancara, kemudian diperoleh data primer, dan data tersebut diolah dengan menggunakan metode kualitatif. Selain itu terdapat data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumen.

Hasil dari penelitian ini adalah: Penyelesaian wanprestasi oleh pihak PT. Smart Multi Finance yaitu dengan melakukan negosiasi terlebih dahulu dan memberikan solusi kepada debitur, jika tidak diindahkan langkah selanjutnya yaitu dengan memberikan sanksi sesuai dengan kesepakatan, jika tetap tidak diindahkan yaitu diberikan somasi (surat peringatan) 1, 2, dan 3, jika tetap tidak ditanggapi maka pihak PT. Smart Multi Finance akan melakukan penyitaan terhadap barang jaminan. Hambatan dalam penyelesaian wanprestasi yaitu bermuladari disebabkannya nasabah kondisi perekonomiannya yang tidak stabil seperti karyawan yang baru mendapat PHK dan usaha yang sedang tidak dalam kondisi baik, debitur sulit dikunjungi di kediamannya ketika masuk tanggal pembayaran (sering menghilang), debitur melakukan peminjaman lagi ke tempat lain,. Solusi yang ditawarkan oleh pihak PT. Smart Multi Finance kepada nasabah yang mengalami wanprestasi yaitu dengan cara memperpanjang jangka waktu pembayaran, sehingga cicilan yang akan dibayar oleh nasabah menurun jumlahnya.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved