ANALISIS KINERJA LALULINTAS PADA RUAS JALAN RAYA KARANG ANYAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN MENGGUNAKAN METODE PKJI-2023,


2024

MUHAMMAD DAVID



ABSTRAK

Wilayah Karang Anyar sendiri dilintasi oleh ruas Jalan Raya Karang Anyar yang mana status jalan ini ialah jalan Poros dengan fungsi jalan Arteri. Ruas jalan ini juga menjadi akses sibuk yang dilintasi oleh kendaran dari dan menuju kota Bandar Lampung. Tingginya aktifitas mobilisasi serta aktifitas penduduk seperti pedagang kaki lima, parkir sembarang, dan perilaku pejalan kaki menjadi faktor penyebab berkurangnya kinerja lalu lintas pada ruas jalan Raya Karang Anyar tersebut. Hal tersebut tentu berdampak terhadap kelancaran dan keamanan dalam berlalu lintas.

Pada penelitian ruas Jalan Raya Karang Anyar bertujuan untk mengetahui volume lalu lintas, mengetahui kapaitas, mengetahui kinerja ruas jalan, berupa kecepatan kendaraan terendah, kecepatan arus bebas, hambatan samping, dan derajat kejenuhan. survei pendahuluan. Analisis dan metode perhitungan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI)-2023

Dari perhitungan dan analisis pedoman volume jalan Indonesia atas ruas jalan Raya Karang Anyar, dapat disimpulkan bahwa volume kendaraan tertinggi mencapai 4568,4 smp/jam (total dua arah). kecepatan arus bebas kendaraan ringan adalah 74.88 km/jam, kapasitas pada jalan raya karang anyar adalah 1778 smp/jam, kecepatan kendaraan terendah pada saat melintasi lokasi titik penelitian yaitu 38 km/jam. derajat rejenuhan tertinggi yang didapat pada lokasi titik penelitian dalam perhitungan di hari Kamis mencapai 2.57 yang artinya tergolong pada tingkat pelayanan F Nilai derajat kejenuhan mencapai 2,57 sangat tinggi dikarnakan bahu jalan dijadikan jalan alternatif terhadap motor, untuk meningkatkan kapasitas perlu dilakukan melakukan pemasangan rambu larangan parkir di ruas jalan raya karang anyar, melakukan pemasangan rambu petunjuk fasilitas penyebrangan di ruas Jalan raya karang anyar, perlu dilakukannya pelebaran pada ruas jalan raya karang anyar guna peningkatan kapasitas ruas jalan tersebut, Perlu adanya penambahan fasilitas pendukung untuk pejalan kaki di ruas jalan raya karang anyar berupa trotoar dengan lebar 1,53 di sisi kiri dan kanan jalan, serta penambahan Pelican Crossing untuk pejalan kaki menyeberang


©2024 Repository Saburai. All rights reserved