Transportasi memiliki peran penting dalam mobilitas masyarakat.khususnya dalam trayek Kotabumi - Bandar Lampung. Mini bus Karonamenyediakan layanan transportasi yang diminati pengguna karenakeunggulan seperti kenyamanan dan ketepatan waktu. Namun, terdapataspek-aspek pelayanan yang masih membutuhkan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MetodeImportance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index(CSI) Teknik pengumpulan data dilakukan terhadap 144 responden yangdipilih secara acak untuk menilai aspek kenyamanan, keamanan, ketepatanwaktu, tarif, pelayanan, pelanggan, kebersihan dan fasilitas tambahan Padapenelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kepuasan pengguna jasa MiniBus Karona terhadap kualitas Pelayanan. Kesimpulan Penelitian ini adalah: (1) Nilai CSI sebesar 0,84 yangmengindikasikan tingkat kepuasan pengguna berada dalam kategori yangsangat puas. (2) Analisis IPA mengidentifikasikan beberapa atribut yangperlu ditingkatkan, yaitu ketepatan waktu (97,18%), fasilitas tambahan(99,17%) dan tarif (98,98%). Meskipun sebagian besar aspek pelayanantelah memenuhi ekspektasi pengguna, namun memerlukan evaluasiperbaikan dalam hal peningkatan disiplin jadwal, penambahan fasilitas dankebijakan tarif.
Kata Kunci: Kepuasan pengguna, Mini Bus Karona, ImportancePerformance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI),Pelayanan, Transportasi
©2024 Repository Saburai. All rights reserved