ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI MINI BUS KARONA TERHADAP KINERJA PELAYANAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTON INDEX (CSI) (STUDI KASUS TRAYEK KOTABUMI – BANDAR LAMPUNG)


2024

DANE ANFAYIERO



Transportasi memiliki peran penting dalam mobilitas masyarakat.
khususnya dalam trayek Kotabumi - Bandar Lampung. Mini bus Karona
menyediakan layanan transportasi yang diminati pengguna karena
keunggulan seperti kenyamanan dan ketepatan waktu. Namun, terdapat
aspek-aspek pelayanan yang masih membutuhkan evaluasi. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode
Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index
(CSI) Teknik pengumpulan data dilakukan terhadap 144 responden yang
dipilih secara acak untuk menilai aspek kenyamanan, keamanan, ketepatan
waktu, tarif, pelayanan, pelanggan, kebersihan dan fasilitas tambahan Pada
penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kepuasan pengguna jasa Mini
Bus Karona terhadap kualitas Pelayanan. 
Kesimpulan Penelitian ini adalah: (1) Nilai CSI sebesar 0,84 yang
mengindikasikan tingkat kepuasan pengguna berada dalam kategori yang
sangat puas. (2) Analisis IPA mengidentifikasikan beberapa atribut yang
perlu ditingkatkan, yaitu ketepatan waktu (97,18%), fasilitas tambahan
(99,17%) dan tarif (98,98%). Meskipun sebagian besar aspek pelayanan
telah memenuhi ekspektasi pengguna, namun memerlukan evaluasi
perbaikan dalam hal peningkatan disiplin jadwal, penambahan fasilitas dan
kebijakan tarif. 


Kata Kunci: Kepuasan pengguna, Mini Bus Karona, Importance
Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI),
Pelayanan, Transportasi


©2024 Repository Saburai. All rights reserved