ABSTRAK
KEPERCAYAAN DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER PADA MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS SANG BUMI RUWA JURAI
OLEH
HAMMAM WAFFA DAFFALLAH
Dalam beberapa tahun belakangan ini, teknologi dan informasi telah berkembang cepat seiring dengan kemudahan internet yang semakin meningkat. Ini memungkinkan orang menggunakan internet untuk mencari informasi dan melakukan transaksi e-commerce. Banyak inisiatif produk dan layanan fintech muncul bersamaan dengan perubahan gaya hidup masyarakat ke arah gaya hidup yang serba online yang dirasa cepat dan mudah. Karena ada fitur cicilan kartu kredit digital PayLater, yang menarik perhatian milenial, masyarakat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti berbelanja dan melakukan perjalanan tanpa harus menunggu uang yang cukup. Pada kuartal pertama (Q1) pada tahun 2023, Shopee PayLater menjadi aplikasi pembayaran paling populer di Indonesia dengan 160 juta pengguna, disusul oleh Tokopedia dengan 110 juta pengguna. Lazada PayLater berada di urutan ketiga dengan 80 juta pengguna, dan Bukalapak PayLater dengan 30 juta pengguna. (databoks, 2023). Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat banyak sekali market place yang juga menyediakan pembelian menggunakan paylater dan juga dengan adanya fitur Shopee paylater dengan berbagai promonya memudahkan orang-orang dalam melakukan pembelian karna tidak perlu membayar terlebih dahulu ini bisa menimbulkan perilaku konsumtif yaitu membeli barang tanpa memikirkan kegunaan barang tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan perilaku konsumtif terhadap keputusan pembelian menggunakan shopee paylater pada mahasiswa/i Manajemen Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Objek Penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Program Studi di Manajemen. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskrptif kuantitatif, penelitian ini menggunakan 44 responden yang merupakan Mahasiswa/i Program Studi Manajemen Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.
Berdasarakan hasil penelitian diketahui bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan shopee paylater pada mahasiswa manajemen Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai hal itu terlihat dari nilai thitung kepercayaan 3.751 > ttabel 2.019 serta nilai sig 0,001 < 0,05, perilaku konsumtif berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan shopee paylater pada mahasiswa manajemen Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai hal itu terlihat dari nilai thitung 4.618 > ttabel 2.019 serta nilai sig sebesar 0,001 < 0,05. Hasil pengujian hipotesis secara simultan ditemukan bahwa kepercayaan dan perilaku konsumtif berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan shopee paylater pada mahasiswa manajemen Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, hal itu terlihat dari nilai Fhitung sebesar 30.558 dan Ftabel diperoleh 3.226 serta nilai sig 0,001 < 0,05 dan untuk uji determinasi R2 menunjukan bahwa pengaruh yang disumbangkan oleh variabel bebas kepercayaan dan perilaku konsumtif terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 59,8 % sedangkan sisanya 40,2% dipengaruhi oleh diluar variabel.