PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU UPTD SATUAN PENDIDIKAN SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH


2024

WIWIK EKASARI



ABSTRAK

 

PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU UPTD

 SATUAN PENDIDIKAN SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

 

 

Oleh

 

                                                     WIWIK EKASARI

 

 

Kinerja guru di UPTD Satuan Pendidikan SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah perlu ditingkatkan, terutama terkait manajemen waktu dan kompetensi profesional. Masalah ini tercermin dari tingginya tingkat ketidakhadiran dan keterlambatan, serta hasil penilaian kinerja yang menunjukkan mayoritas guru hanya mencapai nilai minimal. Kepala sekolah menyadari perlunya peningkatan dalam manajemen waktu, pengembangan profesional, dan motivasi guru. Upaya seperti pelatihan, workshop, dan evaluasi berkala direncanakan untuk memperbaiki kinerja guru dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendapatkan data secara ilmiah di UPTD Satuan Pendidikan SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Pemilihan lokasi didasarkan pada ketersediaan data, aksesibilitas, dan kompleksitas kasus. Penelitian ini melibatkan seluruh populasi, yaitu 35 responden, dengan variabel bebas yaitu Manajemen Waktu (X1) dan Kompetensi Profesional (X2), serta variabel terikat yaitu Kinerja Guru (Y). Metode penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara sistematis, faktual, dan akurat.

Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Manajemen Waktu (X1) berpengaruh sebesar 43,5% terhadap Kinerja Guru (Y) di UPTD Satuan Pendidikan SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah, sementara Kompetensi Profesional (X2) berpengaruh sebesar 38,6%. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh sebesar 53,5% terhadap Kinerja Guru.

           


©2024 Repository Saburai. All rights reserved