2023

ACHMAD DJUNAIDY



Tercapainya tujuan organisasi atau instansi tidak hanya bergantung pada 
sarana dan prasarana serta peralatan modern, tetapi lebih bergantung kepada
manusia sebagai pelaksana pekerjaannya. Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi
penggerak dan sebagai penentu berhasil atau tidaknya instansi dalam melaksanakan
tugas dan mencapai tujuannya. Kesuksesan dari kinerja perusahaan dapat dilihat
dari kinerja yang telah di capai oleh pegawainya, karena itu perusahaan menuntut
pegawainya agar mampu menghasilkan kinerja yang optimal karena baik atau
buruknya kinerja yang dicapai oleh pegawai akan berdampak kepada kinerja dan
keberhasilan instansi secara keseluruhan di Badan Pendapatan Daerah Provinsi
Lampung. Permasalahan kinerja Pegawai belum memberikan yang terbaiknya
dapat disebabkan oleh berbagai fakor, yaitu: Masih rendahnya disiplin pegawai,
Masih rendahnya kualitas SDM, masih rendahnya etos kerja, belum maksimal
kinerja pegawai. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang
menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan
bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi.
Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini
menggunakan 30 responden.  Tujuan penelitian ini adalah  untuk melihat
1. Pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai Badan
Pendapatan Daerah Provinsi Lampung. 2. Pengaruh etos kerja terhadap kinerja
pegawai Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung. 3. Pengaruh kualitas
sumber daya manusia dan etosi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja
pegawai Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung. 
Hasil penelitian Menunjukan Terdapat pengararuh Kualitas SDM (X
1
)
terhadap Kinerja Pegawai (Y) Sebesar 70,4%. Terdapat pengaruh Etos Kerja
terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung
sebesar 80,8%. Terdapat pengaruh Kualitas SDM dan Etos Kerja secara bersama-
sama terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung
sebesar 81,8%

Kata Kunci : Kualitas SDM, Etos Kerja, Kinerja, Regresi 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved