PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MA’ARIF AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU


2023

FEBRIZAL LEVI SUKMANA



ABSTRAK

PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MA’ARIF

AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU

Oleh

HISBULLAH HUDA

      Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mengakibatkan perubahan dan perkembangan yang semakin kompleks dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan dunia pendidikan merupakan modal awal dalam menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, berilmu, dan berakhlak mulia. Dalam penelitian ini, peneliti berkesempatan melakukan penelitian di SMK Ma’arif Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru SMK Ma’arif Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Ma’arif Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan simple random sampling yang dibagikan kepada 19 responden.   Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan data kepustakaan. Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dan motivasi berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan dengan tingkat signifikansi F < α (0,000 < 0,05) dan R-square sebesar 0,633. Artinya, kontribusi kompetensi dan motivasi sebesar 32,3%. Sedangkan sisanya sebesar 67,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Secara parsial kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,010 dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,261.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved