ABSTRAK
PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 32 KOTA BANDAR LAMPUNG
Oleh
M. Bayu Agung Pamungkas
Hasil pengamatan penulis pada SMPN 32 Bandar Lampung, kinerja pegawai masih belum berada di titik maksimal, bahwa salah satunya adalah pada penyelesaian laporan keuangan yang seringkali terjadi keterlambatan. Permasalahan kinerja ini diyakini sebagai dampak dari faktor kurangnya pelatihan yang diberikan dan diikuti oleh pegawai sehingga pelaksanaan pekerjaan menjadi kurang efektif.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelatihanterhadap kinerja pegawai. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pelatihanberpengaruh padakinerja pegawai.
Sampel pada penelitian ini berjumlah 71 orang pegawai.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yaitu metode analisis dengan menggambarkan hasil penelitian berupa angka-angka. Metode pengumpulan data terdiri dari data primer dan sekunder yang didapatkan melalui teknik observasi, dokumentasi dan kuisioner. teknik analisis dengan regresi linier sederhana, dengan bantuan alat bantu statistik SPSS meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis nilai t hitung 11,943 > t tabel1,67,maka kesimpulannyapelatihanberpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Besaranpengaruh variabel pelatihanterhadap kinerja pegawaiadalah 0,671 artinya sebesar 67,1% variabel pelatihanmampu menjelaskan variabel kinerja pegawai, sedangkan sebesar 32,9% merupakan pengaruh variabel lain di luar penelitian ini.Saran yang disampaikan adalah Kepada unsur pimpinan, hendaknya lebih dapat memberi perhatian terhadap pelatihan, khususnya dalam hal pelatihan teknis yang menunjang pekerjaan-pekerjaan rutin.