Penulis : Tiar Mirnasari, Mulyadi, Nelly Astuti
Pemasaran adalah sebuah proses sosial manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu: kebutuhan, keinginan dan permintaan; pasar, pemasaran dan pemasar. Mengamati tahapan-tahapan mutakhir dari perkembangan filsafat dan praktek manajemen yang terdiri dari : pertama, Tahap Orientasi Produksi. Pada tahapan ini tidak dibutuhkan usaha pemasaran untuk membuat orang membeli produk yang dibuat dengan baik dan dengan harga yang pantas memadai; kedua, Tahap Orientasi Pen-jualan. Pada tahapan ini hasil kerja dalam penjualan di-ukur dari volume penjualan yang dihasilkan, bukan darilaba pemasarannya; ketiga, Tahap Orientasi Pemasaran. Pada tahapan ini sebuah perusahaan menganut konsep manajemen pemasaran yang terintegrasi dan diarahkan kepada konsumen untuk mendapatkan volume penjualan yang menguntungkan; keempat, Tahap Orientasi Manusia dan Tanggung Jawab Sosial. Pada tahap ini, apabila sebuah perusahaan ingin berhasil atau bahkan dapat terus hidup, perusahaan harus dapat menanggapi cara atau kebiasaan hidup masyarakat umum.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved