ABSTRAK
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 1 AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU
Oleh
FREDY KURNIAWAN
Guru merupakan suatu komponen penting dalam proses kegiatan pembelajaran. Setiap guru pasti memiliki suatu kinerja. Kinerja guru memiliki peranan penting dalam pencapian tujuan suatu pembelajaran. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru, antara lain adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi. Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang ideal akan memberikan pengaruh terhadap kinerja guru. Selain itu, motivasi kerja yang dimiliki oleh guru juga merupakan suatu faktor yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh gaya
kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Variabel yang diteliti dalam peneitian ini ada 3 yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas 1 (X1), motivasi kerja sebagai variabel bebas 2 (X2), dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y).
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 responden, atau kurang dari
100 orang, maka sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sejumlah 60
guru.
Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis meliputi uji analisis regresi berganda (R), uji analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh gaya
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru; (3) ada pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru; (4) gaya kepemimpinan memberikan pengaruh sebesar 73,2% terhadap kinerja guru ; (5) motivasi kerja memberikan pengaruh sebesar 68,0% terhadap kinerja guru; dan (6) gaya kepemimpinan dan motivasi berprestasi memberikan pengaruh sebesar
78,8% terhadap kinerja guru.
Oleh karena itu, kepala sekolah dapat menggunakan gaya kepemimpinan
yang ideal dan efektif dan hendaknya guru lebih menumbuhkan motivasi kerja untuk meningkatkan kinerja guru.