ABSTRAK
PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KECAMATAN KALIANDA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
Oleh
SOHARI
Pemerintah dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, pelayanan publik yang berkualitas serta transparan dan akuntabilitas. Untuk mendukung peran pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan yang baik, dibutuhkan banyak faktor penunjang keberhasilan pencapaian kepuasan masyarakat, salah satunya adalah faktor ketersediaan sarana prasarana. Ketersediaan sarana prasarana sebagai fasilitas yang diberikan menjadi daya tarik bagi masyarakat maupun bagi karyawan pemberi pelayanan. Dengan tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung karyawan dalam memberikan pelayan diharapkan akan melayani kebutuhan masyarakat dan tercapainya kepuasan msyarakat. Rasa kepuasan yang didapat oleh masyarakat merupakan gambaran apakah kualitas pelayanan yang diberikan sudah memenuhi harapan masyarakat itu sendiri, apabila Kepuasan Masyarakat dalam memberikan pelayanan lebih rendah dari yang diharapkan masyarakat, maka dapat dikatakan masyarakat tidak puas dengan pelayanan yang diberikan.
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk Mengetahui : 1. Pengaruh sarana prasarana terhadap Kepuasan Konsumen 2. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen 3. Pengaruh sarana prasarana dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 37 responden.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh Sarana Prasarana (X1) terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 72%. Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan dengan tingkat pengaruh sebesar 80,4%. Terdapat pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, dengan tingkat pengaruh sebesar 82%
©2024 Repository Saburai. All rights reserved