ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BAGIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA (BPBJ) SEKRETARIAT DAERAH
KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
OLEH
YULIDA FITRI
Instansi pemerintah merupakan organisasi yang memiliki tugas untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan pelayanan publik. Kunci keberhasilan suatu instansi dalam melaksanakan pelayanan publik tergantung pada banyak faktor diantaranya faktor sumber daya manusia, faktor budaya serta faktor organisasi dan manajemen. Pelayanan publik merupakan perwujudan dari fungsi aparatur negara sebagai abdi negara. Pelayanan publik diartikan sebagai pemberian layanan kepada orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi sesuai dengan aturan dan tata cara yang telah ditetapkan. Fenomena yang terjadi di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah tentang kualitas pelayanan diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan yang diberikan masih kurang optimal.
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk Mengetahui : 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kinerja pegawai 2. Pengaruh Kompensasi terhadap kinerja pegawai 3. Pengaruh kualitas pelayanan dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 36 responden.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Kinerja (Y) di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah, dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 73,1%. Terdapat pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah dengan tingkat pengaruh sebesar 84%. Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kompensasi secara bersama-sama terhadap Kinerja pegawai di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah, dengan tingkat pengaruh sebesar 85,1%
©2024 Repository Saburai. All rights reserved