PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI RS LAMPUNG EYE CENTER


2024

RIKO KURNIAWAN



ABSTRAK

 

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN  SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI RS LAMPUNG

EYE CENTER

 

OLEH

RIKO KURNIAWAN

 

Kualitas pelayanan dapat dijadikan sebagai indikator untuk mengukur kepuasaan pelanggan terhadap perusahaan. Kualitas layanan dari perusahaan memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas dan pelayanan yang baik kepada para pelanggan dari kompetitornya.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, masalah kesehatan telah menjadi

kebutuhan pokok bagi masyarakat. Penyedia jasa pelayanan kesehatan seperti rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik, tidak hanya pelayanan yang bersifat penyembuhan penyakit tetapi juga mencakup pelayanan yang bersifat pencegahan untuk meningkatkan kualitas hidup serta memberikan kepuasan bagi konsumen selaku pengguna jasa kesehatan Kepuasan konsumen merupakan salah satu indikator utama keberhasilan sebuah perusahaan, khususnya perusahaan yang  berhubungan dengan layanan kesehatan dalam hal ini rumah sakit. Pelayanan dari layanan kesehatan yang maksimal akan memberikan dampak bagi perusahaan. Apabila konsumen merasa puas maka akan berdampak positif terhadap profit perusahaan.

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk Mengetahui : 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan  terhadap  kinerja  pegawai  2.  Pengaruh  Sarana  prasarana  terhadap kinerja pegawai 3. Pengaruh kualitas pelayanan dan sarana prasarana secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat di RS Lampung Eye Center. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 79 responden.

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai

berikut;   Terdapat   pengaruh   Kualitas   Pelayanan   (X1)   terhadap   Kepuasan Masyarakat    (Y)  di RS  Lampung  EYE  Center,  dengan  tingkat  pengaruh  (R- square) sebesar 72,5%. Terdapat pengaruh Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Masyarakat  di RS Lampung EYE Center dengan tingkat pengaruh sebesar 62,1%. Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sarana Prasarana secara bersama-sama terhadap Kepuasan Masyarakat   di RS Lampung EYE Center, dengan tingkat pengaruh sebesar 75,3%


©2024 Repository Saburai. All rights reserved