PENGARUH DISIPLIN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU UPTD SATUAN PENDIDIKAN SD NEGERI 1 BUMI KENCANA LAMPUNG TENGAH


2024

LUSI MARSISKA



ABSTRAK

 

PENGARUH DISIPLIN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU UPTD SATUAN PENDIDIKAN SD NEGERI 1 BUMI KENCANA LAMPUNG TENGAH

 

 

Oleh

 

Lusi Marsiska

 

 

Kinerja guru di SD Negeri 1 Bumi Kencana sangat dipengaruhi oleh tingkat disiplin dan kepuasan kerja mereka. Disiplin mencerminkan kepatuhan terhadap peraturan dan berkontribusi pada lingkungan belajar yang kondusif, namun masih ada beberapa guru yang kurang disiplin, seperti sering terlambat. Kepuasan kerja, yang mencakup perasaan positif terhadap pekerjaan, juga memengaruhi motivasi guru. Meski ada tantangan, seperti fasilitas sekolah yang kurang memadai, peningkatan disiplin dan kepuasan kerja perlu menjadi fokus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh keduanya terhadap kinerja guru.

Penelitian ini akan dilakukan di UPTD Satuan Pendidikan SD Negeri 1 Bumi Kencana Lampung Tengah, berlokasi di JL Raya Bumi Kencana, Kecamatan Seputih Agung. Alasan pemilihan lokasi ini meliputi ketersediaan data, aksesibilitas yang memudahkan pengumpulan data, serta kompleksitas kasus yang relevan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk memberikan gambaran sistematis dan akurat mengenai populasi yang diteliti, dengan sampel yang terdiri dari 15 responden. Variabel yang digunakan meliputi Disiplin (X1) dan Kepuasan Kerja (X2) sebagai variabel bebas, serta Kinerja Guru (Y) sebagai variabel terikat.

Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa Disiplin Kerja (X1) berpengaruh sebesar 61,1% terhadap kinerja guru (Y) di UPTD Satuan Pendidikan SD Negeri 1 Bumi Kencana Lampung Tengah. Kepuasan Kerja (X2) juga berpengaruh sebesar 53,9% terhadap kinerja guru. Secara simultan, Disiplin Kerja (X1) dan Kepuasan Kerja (X2) memengaruhi kinerja guru sebesar 54,9%, sementara sisanya 45,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved