PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI RSD HM RYACUDU KOTABUMI LAMPUNG UTARA


2024

FITRI YANA SARI



ABSTRAK

 

 

PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN

TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

DI RSD HM. RYACUDU KOTABUMI

LAMPUNG UTARA

 

Oleh

Fitri Yana Sari

 

 

Situasi  persaingan industri jasa pelayanan kesehatan pada saat ini sangat ketat. Hal ini disebabkan semakin banyaknya jumlah klinik dan rumah sakit yang ada, serta semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan fasilitas rumah sakit untuk memperoleh layanan kesehatan Untuk meningkatkan kualitas jasa kesehatan, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan pelayanan di rumah sakit. Namun pada dasarnya kualitas pelayanan yang baik tidak cukup hanya dicapai, tetapi juga dipelihara dan dipertahankan mengingat adanya pergeseran kebutuhan, harapan, dan keinginan pelanggan dan berbagai phak yang berkepentingan. Untuk itu, rumah sakit sebagai industri jasa kesehatan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan konsisten.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 65 responden penelitian.

 

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh sarana prasarana (X1) terhadap kepuasan masyarakat (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 95,5%. Terdapat pengaruh kualitas layanan (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 98,7%. Terdapat pengaruh sarana prasarana (X1) dan kualitas layanan (X2) secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 97,6%.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved