ABSTRAK
PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT
DI RSD HM. RYACUDU KOTABUMI
LAMPUNG UTARA
Oleh
Fitri Yana Sari
Situasi persaingan industri jasa pelayanan kesehatan pada saat ini sangat ketat. Hal ini disebabkan semakin banyaknya jumlah klinik dan rumah sakit yang ada, serta semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan fasilitas rumah sakit untuk memperoleh layanan kesehatan Untuk meningkatkan kualitas jasa kesehatan, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan pelayanan di rumah sakit. Namun pada dasarnya kualitas pelayanan yang baik tidak cukup hanya dicapai, tetapi juga dipelihara dan dipertahankan mengingat adanya pergeseran kebutuhan, harapan, dan keinginan pelanggan dan berbagai phak yang berkepentingan. Untuk itu, rumah sakit sebagai industri jasa kesehatan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan konsisten.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 65 responden penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh sarana prasarana (X1) terhadap kepuasan masyarakat (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 95,5%. Terdapat pengaruh kualitas layanan (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 98,7%. Terdapat pengaruh sarana prasarana (X1) dan kualitas layanan (X2) secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 97,6%.