PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
Oleh
ANDRI PRAYOGA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas SDM terhadap kepuasan konsumen pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan angket/kuesioner kepada 75 orang masyarakat pengguna layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan, kualitas pelayanan dan kualitas SDM berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai R² sebesar 94,8%. Secara parsial, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 31.942 > t tabel 1.666 dan persamaan regresi 0,966 (sangat kuat). Dan kualitas SDM berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 48.670 > t tabel 1.666 dan persamaan regresi 0.985. (sangat kuat)
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas SDM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada DPMPTSP Kabupaten Lampung Selatan. Oleh karena itu, DPMPTSP perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas SDM untuk meningkatkan kepuasan konsumen.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved