Oleh
FADILLAH RATNA PRAWANNINGRUM
Sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan. Pendidikan tidak hanya berorientasi pada produk semata, melainkan diukur pada kualitas proses pendidikan. Ketika guru mempunyai komitmen yang tinggi terhadap organisasinya, maka guru akan melakukan apapun untuk memajukan sekolahnya karena keyakinannya terhadap organisasinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh big five personality dan kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi di SMK Negeri 1 Talangpadang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMK Negeri 1 Talangpadang, dengan sampel sebanyak 25 orang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket kuisioner, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persamaan regresi berganda adalah Y = 1,494 + 0,388X1 + 0,247X2 + e , hal ini menunjukkan bahwa big five personality dan kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi di SMK Negeri 1 Talangpadang, dengan pengaruh simultan sebesar 71,7%. Pengaruh paling besar diberikan oleh variabel big five personality yaitu sebesar 67,3%, sedangkan variabel kepemimpinan transformasional berpengaruh sebesar 60,4%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh big five personality dan kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi di SMK Negeri 1 Talangpadang.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved