PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI TANJUNG KEMALA KECAMATAN PUBIAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH


2024

SUBUR SISWOYO



ABSTRAK

 

 

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI TANJUNG KEMALA KECAMATAN PUBIAN KABUPATEN

LAMPUNG TENGAH

 

 

 

Oleh

SUBUR SISWOYO

 

Kinerja guru adalah hasil kerja optimal guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai  pendidik  yang  berupa  prestasi  kerja  guru  dalam  pembelajaran.  Untuk meningkatkan    kinerja   guru   di   sekolah,    maka    diperlukan    kepemimpinan pembelajaran  yang  handal  dari kepala  sekolah  yang  diwujudkan  salah  satunya adalah supervisi akademik. Selain supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah,  faktor  lainnya  yang  diduga  dapat  mempengaruhi  kinerja  guru  adalah iklim  sekolah.  Berdasarkan  hasil  observasi  awal,  diperoleh  identifikasi  masalah yang terlihat di SD Negeri 1 Tanjung Kemala antara lain supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah belum maksimal, iklim sekolah yang belum sepenuhnya kondusif, dan kinerja guru yang diperlihatkan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh supervisi akademik  dan iklim sekolah secara parsial  dan  simultan  terhadap  kinerja  guru  pada  SD  Negeri  Tanjung  Kemala Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian

ini   sebanyak   22   guru.   Teknik   pengumpulan   data   yang   digunakan   adalah dokumentasi  dan kuesioner.  Alat  analisis  yang  digunakan  adalah  regresi  linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Supervisi akademik terhadap  Kinerja  Guru, dibuktikan  thitung 5.035 > ttabel  1,725.  Variabel  Supervisi akademik berkontribusi sebesar 25,9%. Terdapat pengaruh Iklim sekolah terhadap Kinerja  Guru,  dibuktikan  thitung   3.520  >  ttabel   1,725,  Variabel  Iklim  sekolah berkontribusi  sebesar  48,6%.  Terdapat  pengaruh  Supervisi  akademik  dan Iklim sekolah  secara  bersama-sama  terhadap  Kinerja Guru  dibuktikan  Fhitung  408,6  > Ftabel  3,49. Kontribusi  Supervisi akademik  dan Iklim sekolah sebesar 81,4% dan sisanya 18,6% dijelaskan atau dipengaruhi  oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved