ABSTRAK
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI TANJUNG KEMALA KECAMATAN PUBIAN KABUPATEN
LAMPUNG TENGAH
Oleh
SUBUR SISWOYO
Kinerja guru adalah hasil kerja optimal guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik yang berupa prestasi kerja guru dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah, maka diperlukan kepemimpinan pembelajaran yang handal dari kepala sekolah yang diwujudkan salah satunya adalah supervisi akademik. Selain supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah, faktor lainnya yang diduga dapat mempengaruhi kinerja guru adalah iklim sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh identifikasi masalah yang terlihat di SD Negeri 1 Tanjung Kemala antara lain supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah belum maksimal, iklim sekolah yang belum sepenuhnya kondusif, dan kinerja guru yang diperlihatkan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik dan iklim sekolah secara parsial dan simultan terhadap kinerja guru pada SD Negeri Tanjung Kemala Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian
ini sebanyak 22 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Supervisi akademik terhadap Kinerja Guru, dibuktikan thitung 5.035 > ttabel 1,725. Variabel Supervisi akademik berkontribusi sebesar 25,9%. Terdapat pengaruh Iklim sekolah terhadap Kinerja Guru, dibuktikan thitung 3.520 > ttabel 1,725, Variabel Iklim sekolah berkontribusi sebesar 48,6%. Terdapat pengaruh Supervisi akademik dan Iklim sekolah secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru dibuktikan Fhitung 408,6 > Ftabel 3,49. Kontribusi Supervisi akademik dan Iklim sekolah sebesar 81,4% dan sisanya 18,6% dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.